Kamis, 04 Februari 2010

Diposting oleh Rahmadhani Kurniawan

Notes ini sebenarnya ga 100% berasal dari pemikiran gw ndiri, mungkin cuma 50% doang yang dari hasil mikir gw ndiri, dan sisanya 50% persen lainnya dari Dosen, guru, orang tua, senior, temen, organisasi dan lain-lain.

Notes gw kali ini terinspirasi dari kejadian 28 januari 2010 silam yg diikuti oleh ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Lucu aja gw liat mahasiswa yang SEBAGIAN BESAR mahasiswa semester2 rendah. Konyol ngeliat anak2 bau kencur yang umurnya aja belom genap 20 taun udah belagu turun di jalan seakan-akan mereka itu uda dapet gelar S1 n ngerti segala permasalahan negara. Sedih juga liatnya mereka mahasiswa yang demo itu yg biasanya mereka nongkrong2 mpe malem, ngerokok gila2an, nge-modif kendaraannya mpe jutaan, pacaran, ngabisin duit hasil keringat ortunya buat hura2 tiba dalam waktu sehari bisa jadi orang yg begitu bijak n berdedikasi tinggi membela kepentingan rakyat..hahaha, gila aneh banget deh.

Ya kembali kita membahas yang namanya "Demonstrasi. Kalau boleh ngutip kata dosen gw dikampus, mahasiswa yang hobi demonstrasi itu mahasiswa yang bodoh & manja. Iya bodoh karena bisanya cuma ngasih kritik tanpa ada solusi! Manja karena apa-apa dikit demo, ada anu itu dikit demo.. pliss deh ngurus negara itu ga segampang kalian lulus kuliah! lagipula tu jalan bukan cuma elu yg bayar pajak (itupun klo uda bayar pajak, lha wong pajak aja masih dibayarin orangtuanya) tapi semua orang yang lewat situ juga bayar pajak lalu kenapa lw buat macet??... Jadi dimana otak kalian mahasiswa yang kerjanya demo? <---eits itu bukan kata2 gw ya, itu kata2 dosen gw jadi protes aja sama doi :p

Tapi menurut pendapat pribadi gw bener juga sih kata dosen gw. Mahasiswa selama ini kerjanya demonstrasi melulu, heran banget gw. Gw akan lebih heran lagi ternyata ada beberapa dari "dedengkot" aksi ke jalan itu yang merupakan anak semester atas. Lah gw bingung, gw yang kuliah asal2an gini di jurusan yg gampang banget aja kadang suka sibuk ngerjain tugas (walopun cuma kopi paste internet :p hehe) tapi kok mereka sempet2nya gitu ada waktu buat mengkoordinasi acara demonstrasi macem gitu?

Alasan mereka rata-rata klasik, yaitu mereka mempunyai kewajiban untuk membela kepentingan rakyat. Kepentingan rakyat siapa maksutnya? Coba diteliti lebih jelas, kepentingan masyarakat atau kepentingan mahasiswa? Klo emang masyarakat, masyarakat siapa yang dibela? Masyarakat cilik? masyarakat wong cilik??? sorry tapi coba kita pake logika, klo lw pada yg suka demo aja pada bikin jalanan macet, apa itu justru ga ngerugiin wong cilik? liat tuh orang2 yang pada ngejar setoran, ngejar job, berangkat kekantor jadi pada telat gara2 lw bikin macet jalan..jadi kesimpulan bisa dipikir ndiri itu ngebela apa ngerugiin?

Lagipula gw punya pertanyaan sederhana buat MAHASISWA2 YANG SUKA DEMO atau MAHASISWA YANG SUKA MANAS2IN TEMEN2NYA BUAT DEMO: Apa gunanya demonstrasi? apa gunanya lw pada turun ke jalan? kasih gw bukti konkrit, bukti real, bukan sekedar argumen2 omong kosong. Apa pernah tu gara2 mahasiswa demo trus ada kebijakan pemerintah yg diganti? Apa pernah tu gara2 lw demo trus kehidupan wong cilik langsung berubah? Bukti lapangan membuktikan bahwa hal yang bisa ngubah kebijakan pemerintah bukan dari hasil demonstrasi kalian semua! Bukti nyata menunjukkan melalui jalur yg lebih "intelek" orang2 akan lebih mampu merubah kebijakan pemerintah..emang lebih rumit, tapi terbukti efektif! daripada demo ga karuan dijalan (berpotensi anarkis pula), kuli bangunan lulus TK doang juga bisa kaya gitu sih...ya ga bos? heheheh

Daripada kalian semua turun ke jalan mending benerin dulu kuliah biar cepet lulus, kerja n bisa ngasi kontribusi nyata ke masyarakat. Ato kalo ngga kalian bisa bantu ortu kalian cari duit, itu tentu jauh lebih bagus daripada kalian kuliah doang ngabisin duit ortu. Berpikir bijak lah.. apa sih yg kalian dapet dari demonstrasi? biar keliatan keren gitu dan bisa dibilang aktivis sejati? kalian ga mungkin ada yg ngaku kaya gitu (mana ada orang ngaku maling), tapi gw yakin sebagian besar dari kalian kaya gitu.. gw tau karena gw juga pernah ikut organisasi kemahasiswaan n tau seluk beluk "busuk"nya organisasi kaya gitu.. don't be naive lah, idup ni ga pernah benar2 bersih.. kita pake prinsip I know what u know lah :D

Tapi klo seandainya kalian murni turun aksi kejalan dengan tujuan kepentingan masyarakat, maka gw saranin kalian STOP aksi2 kalian itu. Tolong sadari aksi kalian itu lebih banyak memberikan mudharat dari pada efek positifnya.. apa kata ortu kalian kalo kalian cabut kuliah cuma gara2 ikut demo? Apa kata orang2 dijalan kalau kena macet gara2 kalian demo? Apa kata dosen kalian saat tahu anak didiknya akhirnya berperilaku ga lebih intelek daripada seorang kuli? :P no offense...

oia notes ini emang ditujukan buat mahasiswa n dibaca mahasiswa..jadi "jangan ada dusta diantara kita lah", gw tau busuknya n lw juga tau busuknya..kita sama2 lah..hahaha

Be wise, be smart, be positive..

(red: from note Ajie Marzuki Adnan)

1 komentar:

Kiki Hadiyanti Kusuma mengatakan...

asli suka banget gue notesnya.

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
his is a tricky question to answer as I’m not always entirely sure who I am from one moment to the next. In fact, all I'm certain of is that I'm not quite the same person as I was when I first arrived on the Bandung jatinangor, all those years ago. How I think of myself: * Sweet * Cool * Honest How my friends think of me: * Lazy * Opinionated * Crazy * friendly How I really am: * Loyal * dedicated * Smart (hehe)

Cari Blog Ini